iklan

iklan
rdx

Contoh Rancangan Kegiatan Organisasi

Pada postinganku kali ini tentang Contoh Rancangan Kegiatan Organisasi saya akan share buat para agan-agan Reader yang pengen tahu bagaimana bentuk rancangan kegiatan suatu organisasi di sekolah. oke langsung saja gak usah banyak bacot berikut cotohnya :


RANCANGAN KEGIATAN INFORMATION AND TECHNOLOGY CLUB
MASA BAKTI 2012-2013
Alamat : Jln. Kampus Ma’arif 56A Sekampug Lampung Timur 34182

I.                   PENDAHULUAN
Information technology (IT) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Teknologi Informasi (TI), adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.
II.                SEJARAH TERBENTUKNYA IT CLUB
Awal terbentuknya kegiatan ekstrakurikuller IT Club di MA Ma’arif  NU 5 Sekampung adalah dikarenakan tidak sedikit dari para siswa yang kurang paham tentang dunia teknologi dan informasi. Maka dari itu,MA Ma’arif nu 5 sekampung, dengan dibawah pengawasan dari pembina kami, di bentuklah program atau kegiatan ekstrakurikuller IT Club dengan tujuan 'sebagai wadah bagi para siswa/i yang ingin mengetahui dan memahami dunia Teknologi dan Informasi, belajar lebih banyak seputar dunia IT, sharing terhadap satu sama lain, saling membantu memecahkan suatu trouble, demi menciptakan siswa/i yang pandai, kreatif, imajinatif, dan mampu menghadapi troubleshoot dalam dunia IT'.
III.             TUJUAN IT CLUB
Organisasi ini dibentuk bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, inovatif juga untuk mengembangkan ilmu para siswa/siswi MA Ma’arif NU 5 Sekampung khususnya dibidang ilmu pengetahuan dan tenologi komputer agar bisa mengikuti Perkembangan teknologi dibidang komputer yang semakin pesat perkembangannya.



IV.             MANFAAT IT CLUB
Information and technology yang dikembangkan di sekolah mempunyai beberapa manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Manfaat bagi siswa
  • Membangkitkan rasa keingintahuan terhadap perkembangan zaman yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir IT CLUB terhadap kemajuan ilmu technology.
  • Meningkatkan kreativitas yang menumbuhkan kemampuan berkreasi dan daya kritis.
  • Menambah wawasan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Meningkatkan keterampilan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Meningkatkan minat membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan dan teknologi.
  • Memperkenalkan cara-cara berorganisasi secara formal.
  • Sebagai wahana untuk menempa kedewasaan sikap dan kepribadian.
  • Mengenal sifat-sifat ilmiah, jujur, optimis, terbuka, percaya diri, toleransi, kreatif, kritis, dan skeptis.
  • Sebagai ajang uji coba prestasi dan prestise.
  • Membuka kesempatan untuk mendapat prioritas melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan berkualitas.
2.      Manfaat bagi guru
  • Menambah wawasan ilmu pengetahuan secara luas.
  • Menambah pengetahuan dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah.
  • Meningkatkan minat membaca dan rasa keingintahuan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Mengenal perkembangan sikap dan kepribadian siswa lebih mendalam.
  • Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup.
3.      Manfaat bagi sekolah
  • Memberikan nilai tambah dan keunggulan kompetitif bagi sekolah.
  • Meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan dan pengembangan sekolah.
  • Memperluas hubungan kerjasama dengan instansi lainnya.
  • Meningkatkan situasi dan kondisi sekolah yang kondusif dalam belajar.
  • Menambah fungsi sekolah sebagai tempat pengembangan riset atau penelitian.



V.                KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN
Ada beberapa meteri yang di ajarkan di IT Club ini yaitu :
NO
MATERI
TUTOR
JUMLAH JAM
1
Ms. Office
Eko Riyanto, S.Kom
5 Jam
2
Design Grafis
Imam Syafi’I
5 Jam
3
Jaringan
Samsul Arifin
5 Jam
4
Bahasa Inggris dasar
Samsul Arifin
5 Jam
5
Matematika Logika
Imam Syafi’I
5 Jam

Jumlah
25 Jam

VI.             LATAR BELAKANG TERDIRINYA IT CLUB DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF NU 5 SEKAMPUNG
Awal terbentuknya kegiatan ekstrakurikuller IT Club di MA Ma’arif  NU 5 Sekampung adalah dikarenakan tidak sedikit dari para siswa yang kurang paham tentang dunia teknologi dan informasi. Maka dari itu, MA Ma’arif nu 5 sekampung, dengan dibawah pengawasan dari pembina kami, di bentuklah program atau kegiatan ekstrakurikuller IT Club dengan tujuan 'sebagai wadah bagi para siswa/i yang ingin mengetahui dan memahami dunia Teknologi dan Informasi, belajar lebih banyak seputar dunia IT, sharing terhadap satu sama lain, saling membantu memecahkan suatu trouble, demi menciptakan siswa/i yang pandai, kreatif, imajinatif, dan mampu menghadapi troubleshoot dalam dunia IT'.
IT Club berdiri pada tanggal 11 juni 2010 atas dasar  musyawarah bersama. Terbentuklah sebuah organisasi dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 5 Sekampung YPPDU Lampung Timur. 
Organisasi ini dibentuk bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, inovatif juga untuk mengembangkan ilmu para siswa/siswi MA Ma’arif NU 5 Sekampung khususnya dibidang ilmu pengetahuan dan tenologi komputer agar bisa mengikuti Perkembangan teknologi dibidang komputer yang semakin pesat perkembangannya. 
Dan juga atas dasar IT Club ini tidak menyimpan pula dengan norma-norma dan aturan-aturan dari sekolah MA Ma’arif NU 5 Sekampung mengedepankan IMTAQ dan IPTEK dilingkungan  Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 5 Sekampung YPPDU Lampung Timur.  
Kita berharab dengan adanya kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat belajar para siswa/siswi MA Ma’arif NU 5 Sekampung ini. Melalui kegiatan yang bermanfaat didalamnya dapat membangun skill, keterampilan dengan harapan agara nenti para siswa/siswi yang tergabung dalam IT C;ub bisa menciptakan sebuah usaha sendiri dengankemampuan yang dimiliki.
VII.          VISI  DAN MISI
Visi
Menciptakan Siswa/siswi yang disiplin, tanggung jawab, kreatif inovatif dalam bidang Ilmu Teknologi Komputer dan membentuk generasi yang berkualitas yang memunyai skill atau keterampilan yang didasari Iman dan Taqwa
Misi
1.      Memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Ilmu Pengetahuan Informasi dan Teknologi Sehingga mampu bekerja secara Profesional di bidangnya
2.      Mewujudkan generasi yang mempunyai dedikasi, skill atau keterampilan yang bisa mengikuti perkembangan Ilmu Teknologi serta meningkatkan motivasi belajar para siswa/siswi Madrasah Aliyah Ma’arif NU 5 Sekampung.
VIII.       AZAZ DAN DASAR
Azaz
IT Club berdasarkan Ilmu pengetahuan Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Komputer
Dasar
IT Club didirikan atas dasar : 
a.       IMTAQ dan IPTEK
b.      Tata tertib MA Ma’arif NU 5 Sekampung
c.       Pancasila dan UUD 1945
IX.             WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Waktu 
Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali yaitu pada:
Hari     : Minggu
Pukul   : Pukul 08.00 - 12.00 atau Pukul 13.00 – 16.00 WIB
Tempat Kegiatan   
Tempat pembelajaran dilaksanakan di Laboratorium PSB Komputer YPPDU Madrasah Aliyah Ma’arif NU 5 Sekampung, baik kegiatan dari segi Materi maupun Prakteknya.
X.                ADMINISTRASI
Transport Tutor
      Transport Tutor diambilkan dari Anggaran Lab PSB Komputer
Sumber Dana Kas 
Sebuah Organisasi Agar hidup maka perlu adanya Penunjang kegiatan yaitu untuk mengurisi Administrasi dan lain-lain. Uang kas didapat dari iuran setiap anggota IT Club Sebesar Rp. 2000,- yang dibayarkan setiap minggu sekali.
XI.             ANGGOTA 
Adapun anggota yang tergabung dalam IT Club ini berjumlah 36 siswa/siswi yang diambil dari kelas X, XI, dan XII yang berdasarkan hasil pengujian atau test secara teori, praktek serta interview. Adapun meteri yang diujikan adalah :
a.       Matematika Dasar
b.      Bahasa Inggris dasar
c.       Komputer Dasar/Office
d.      Pengetahuan umum mengenai ilmu komputer
e.       Intervew/wawancara


XII.          PENUTUP
Demikian rancangan kegiatan ini kami buat sebagai kerangka umum agenda kegiatan INFORMATION AND TECHNOLOGY CLUB (IT CLUB). Apabila ada kesalahan dan kekurangan kami mohon maaf.

Mengetahui,
Ketua IT CLUB


FAUZI AHMAD
SEKRETARIS


SITI FATHUL ULUM


Kepala Madrasah Aliyah Ma’arif NU 05 Sekampung


FITRIYANTO, S.Ag.
Pembina IT CLUB



SAMSUL ARIFIN

sekian tentang postingan ku tentang Contoh Rancangan Kegiatan Organisasi kali ini kalau ada pertanyaan silahkan coment di kotak komentar atau tanya di facebookku disini.
oke terima kasih telah berkunjung 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers