Contoh Rancangan Kegiatan Organisasi
Pada postinganku kali ini tentang Contoh Rancangan Kegiatan Organisasi saya akan share buat para agan-agan Reader yang pengen tahu bagaimana bentuk rancangan kegiatan suatu organisasi di sekolah. oke langsung saja gak usah banyak bacot berikut cotohnya :
Alamat : Jln. Kampus Ma’arif 56A Sekampug
Lampung Timur 34182
RANCANGAN KEGIATAN INFORMATION AND
TECHNOLOGY CLUB
MASA BAKTI 2012-2013

I.
PENDAHULUAN
Information technology (IT) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Teknologi Informasi
(TI), adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu
manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau
menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan
tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan
hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga
elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi
bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam
pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang
diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan
Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang
didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). Beberapa bidang
modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web,
bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar
basis pengetahuan dan lain-lain.
II.
SEJARAH TERBENTUKNYA IT CLUB
Awal
terbentuknya kegiatan ekstrakurikuller IT Club di MA Ma’arif NU 5 Sekampung adalah dikarenakan tidak
sedikit dari para siswa yang kurang paham tentang dunia teknologi dan
informasi. Maka dari itu,MA Ma’arif nu 5 sekampung, dengan dibawah pengawasan
dari pembina kami, di bentuklah program atau kegiatan ekstrakurikuller IT Club
dengan tujuan 'sebagai wadah bagi para siswa/i yang ingin mengetahui dan
memahami dunia Teknologi dan Informasi, belajar lebih banyak seputar dunia IT,
sharing terhadap satu sama lain, saling membantu memecahkan suatu trouble, demi
menciptakan siswa/i yang pandai, kreatif, imajinatif, dan mampu menghadapi
troubleshoot dalam dunia IT'.
III.
TUJUAN IT
CLUB
Organisasi
ini dibentuk bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, inovatif juga untuk
mengembangkan ilmu para siswa/siswi MA Ma’arif NU 5 Sekampung khususnya
dibidang ilmu pengetahuan dan tenologi komputer agar bisa mengikuti
Perkembangan teknologi dibidang komputer yang semakin pesat perkembangannya.
IV.
MANFAAT IT
CLUB
Information
and technology yang
dikembangkan di sekolah mempunyai beberapa manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Manfaat tersebut antara
lain adalah sebagai berikut:
1.
Manfaat bagi siswa
- Membangkitkan
rasa keingintahuan terhadap perkembangan
zaman yang
berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan
kemampuan berpikir IT CLUB terhadap kemajuan ilmu technology.
- Meningkatkan
kreativitas yang menumbuhkan kemampuan berkreasi dan daya kritis.
- Menambah
wawasan mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan
keterampilan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan
minat membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan dan
teknologi.
- Memperkenalkan
cara-cara berorganisasi secara formal.
- Sebagai
wahana untuk menempa kedewasaan sikap dan kepribadian.
- Mengenal
sifat-sifat ilmiah, jujur, optimis, terbuka, percaya diri, toleransi,
kreatif, kritis, dan skeptis.
- Sebagai
ajang uji coba prestasi dan prestise.
- Membuka
kesempatan untuk mendapat prioritas melanjutkan jenjang pendidikan yang
lebih tinggi dan berkualitas.
2.
Manfaat bagi guru
- Menambah
wawasan ilmu pengetahuan secara luas.
- Menambah
pengetahuan dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar di sekolah.
- Meningkatkan
minat membaca dan rasa keingintahuan tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi.
- Mengenal
perkembangan sikap dan kepribadian siswa lebih mendalam.
- Meningkatkan
kesejahteraan dan kualitas hidup.
3.
Manfaat bagi sekolah
- Memberikan
nilai tambah dan keunggulan kompetitif bagi sekolah.
- Meningkatkan
keterampilan dalam pengelolaan dan pengembangan sekolah.
- Memperluas
hubungan kerjasama dengan instansi lainnya.
- Meningkatkan
situasi dan kondisi sekolah yang kondusif dalam belajar.
- Menambah
fungsi sekolah sebagai tempat pengembangan riset atau penelitian.
V.
KEGIATAN YANG
DILAKSANAKAN
Ada beberapa
meteri yang di ajarkan di IT Club ini yaitu :
NO
|
MATERI
|
TUTOR
|
JUMLAH JAM
|
1
|
Ms. Office
|
Eko Riyanto, S.Kom
|
5 Jam
|
2
|
Design Grafis
|
Imam Syafi’I
|
5 Jam
|
3
|
Jaringan
|
Samsul Arifin
|
5 Jam
|
4
|
Bahasa Inggris dasar
|
Samsul Arifin
|
5 Jam
|
5
|
Matematika Logika
|
Imam Syafi’I
|
5 Jam
|
|
Jumlah
|
25 Jam
|
VI.
LATAR
BELAKANG TERDIRINYA IT CLUB DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF NU 5 SEKAMPUNG
Awal terbentuknya kegiatan ekstrakurikuller IT Club di MA
Ma’arif NU 5 Sekampung adalah
dikarenakan tidak sedikit dari para siswa yang kurang paham tentang dunia teknologi
dan informasi. Maka dari itu, MA Ma’arif nu 5 sekampung, dengan dibawah
pengawasan dari pembina kami, di bentuklah program atau kegiatan
ekstrakurikuller IT Club dengan tujuan 'sebagai wadah bagi para siswa/i yang
ingin mengetahui dan memahami dunia Teknologi dan Informasi, belajar lebih
banyak seputar dunia IT, sharing terhadap satu sama lain, saling membantu
memecahkan suatu trouble, demi menciptakan siswa/i yang pandai, kreatif,
imajinatif, dan mampu menghadapi troubleshoot dalam dunia IT'.
IT Club berdiri pada tanggal 11 juni
2010 atas dasar musyawarah bersama.
Terbentuklah sebuah organisasi dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 5
Sekampung YPPDU Lampung Timur.
Organisasi ini dibentuk bertujuan untuk
meningkatkan kreativitas, inovatif juga untuk mengembangkan ilmu para
siswa/siswi MA Ma’arif NU 5 Sekampung khususnya dibidang ilmu pengetahuan dan
tenologi komputer agar bisa mengikuti Perkembangan teknologi dibidang komputer
yang semakin pesat perkembangannya.
Dan juga atas dasar IT Club ini tidak
menyimpan pula dengan norma-norma dan aturan-aturan dari sekolah MA Ma’arif NU
5 Sekampung mengedepankan IMTAQ dan IPTEK dilingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU 5 Sekampung
YPPDU Lampung Timur.
Kita berharab dengan adanya kegiatan ini
mampu menumbuhkan semangat belajar para siswa/siswi MA Ma’arif NU 5 Sekampung
ini. Melalui kegiatan yang bermanfaat didalamnya dapat membangun skill,
keterampilan dengan harapan agara nenti para siswa/siswi yang tergabung dalam
IT C;ub bisa menciptakan sebuah usaha sendiri dengankemampuan yang dimiliki.
VII.
VISI DAN MISI
Visi
Menciptakan Siswa/siswi yang disiplin, tanggung jawab, kreatif
inovatif dalam bidang Ilmu Teknologi Komputer dan membentuk generasi yang
berkualitas yang memunyai skill atau keterampilan yang didasari Iman dan Taqwa
Misi
1.
Memberikan
kesempatan kepada semua siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
Ilmu Pengetahuan Informasi dan Teknologi Sehingga mampu bekerja secara
Profesional di bidangnya
2.
Mewujudkan
generasi yang mempunyai dedikasi, skill atau keterampilan yang bisa mengikuti
perkembangan Ilmu Teknologi serta meningkatkan motivasi belajar para
siswa/siswi Madrasah Aliyah Ma’arif NU 5 Sekampung.
VIII.
AZAZ DAN DASAR
Azaz
IT Club berdasarkan Ilmu pengetahuan Matematika, Bahasa Inggris,
dan Ilmu Komputer
Dasar
IT Club didirikan atas dasar :
a.
IMTAQ dan IPTEK
b.
Tata tertib MA
Ma’arif NU 5 Sekampung
c.
Pancasila dan
UUD 1945
IX.
WAKTU
DAN TEMPAT KEGIATAN
Waktu
Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali yaitu pada:
Hari : Minggu
Pukul : Pukul 08.00 - 12.00
atau Pukul 13.00 – 16.00 WIB
Tempat Kegiatan
Tempat pembelajaran dilaksanakan di Laboratorium PSB Komputer YPPDU
Madrasah Aliyah Ma’arif NU 5 Sekampung, baik kegiatan dari segi Materi maupun
Prakteknya.
X.
ADMINISTRASI
Transport Tutor
Transport Tutor
diambilkan dari Anggaran Lab PSB Komputer
Sumber Dana Kas
Sebuah Organisasi Agar hidup maka perlu adanya Penunjang kegiatan
yaitu untuk mengurisi Administrasi dan lain-lain. Uang kas didapat dari iuran
setiap anggota IT Club Sebesar Rp. 2000,- yang dibayarkan setiap minggu sekali.
XI.
ANGGOTA
Adapun anggota yang tergabung dalam IT
Club ini berjumlah 36 siswa/siswi yang diambil dari kelas X, XI, dan XII yang
berdasarkan hasil pengujian atau test secara teori, praktek serta interview.
Adapun meteri yang diujikan adalah :
a. Matematika
Dasar
b. Bahasa
Inggris dasar
c. Komputer
Dasar/Office
d. Pengetahuan
umum mengenai ilmu komputer
e. Intervew/wawancara
XII.
PENUTUP
Demikian
rancangan kegiatan ini kami buat sebagai kerangka umum agenda kegiatan
INFORMATION AND TECHNOLOGY CLUB (IT CLUB). Apabila ada kesalahan dan kekurangan
kami mohon maaf.
Mengetahui,
Ketua
IT CLUB
FAUZI AHMAD
|
SEKRETARIS
SITI FATHUL ULUM
|
|
|
Kepala
Madrasah Aliyah Ma’arif NU 05 Sekampung
FITRIYANTO, S.Ag.
|
Pembina
IT CLUB
SAMSUL ARIFIN
|
sekian tentang postingan ku tentang Contoh Rancangan Kegiatan Organisasi kali ini kalau ada pertanyaan silahkan coment di kotak komentar atau tanya di facebookku disini.
oke terima kasih telah berkunjung
0 komentar:
Posting Komentar